Kabar Menarik

[Kabar Menarik][bleft]

Wisata Nusantara

[Wisata Nusantara][twocolumns]

5 Tips Memotret Sunset Paling Indah

memoto sunset paling indah
Persiapan Memoto Sunset Paling Indah

Berteman dengan sunset memang akan membuat kamu ketagihan. Sunset itu seperti bisa memahami rasa rindu di dada. Tak bisa diungkapkan tapi bisa dinikmati dari kejauhan. Keindahannya bisa dipahami secara universal. Itulah sebabnya terkadang banyak orang yang disatukan dengan sunset di tempat yang sama untuk menikmati keindahan bersama.

Agar kenangan indah itu tetap ada, salah satu caranya adalah dengan mengabadikannya. Caranya? Mudah saja. Dengan modal kamera atau kamera handphone kamu sudah bisa memotret dan mengabadikan sunset. Salah satu alasan yang paling tepat juga untuk cari hotel di pantai Kuta adalah hotel yang menawarkan pemandangan sunset yang indah.

Tapi, itu saja belum cukup untuk mendapatkan sunset yang indah dari balik bidikan kamera. Ada beberapa persiapan dan tips yang bisa dipraktikkan untuk mendapatkan sunset yang syahdu dan menggetarkan sehingga membuat decak kagum siapapun yang melihatnya. Apa saja tipsnya?

1. Siapkan alat sejak awal
Untuk bisa mendapatkan foto sunset terbaik, kadang-kadang kamu memang harus mau repot. Ada beberapa barang-barang yang wajib kamu bawa selain kamera seperti tripod dan senter. Tripod akan membantu kamu untuk mendapatkan foto terbaik. Jangan sampai momen berharga kamu tidak sempurna gara-gara shaking atau kamera yang bergoyang.

Jadi, sejak awal carilah tripod yang ringan, ringkes dan mudah dibawa ke mana-mana serta tidak terlalu banyak menghabiskan tempat. Ada banyak tripod dengan harga terjangkau yang bisa digunakan untuk memotret sunset. 

Selain tripod, barang lain yang perlu disiapkan untuk antisipasi adalah senter. Kenapa? Karena setelah tak ada cahaya, setelah sunset benar-benar berlalu, satu-satunya cahaya yang bisa dimanfaatkan adalah cahaya bulan. Tapi, apakah cukup untuk menerangi jalan sementara kamu harus bergegas pulang ke hotel?

Nah, daripada terjadi apa-apa karena menyusuri jalan yang gelap, lebih baik antisipasi dengan membawa senter sebagai cadangan penerangan jalan.

2. Cari posisi yang bagus
Setelah membawa alat dan perlengkapan yang dibutuhkan, yang perlu kamu lakukan adalah mencari posisi yang bagus. Benar, mencari posisi yang bagus menurut kamu diperlukan feeling dan intuisi yang kuat. Jangan terpaku pada sudut pandang yang pernah digunakan orang lain meskipun kamu punya teknik memotret yang berbeda.
Agar bisa mendapatkan posisi yang bagus di tengah keramaian apalagi jika sedang berada di Bali. Cari saja hotel di pantai Kuta yang memiliki beberapa tempat terbaik untuk mendapatkan sunset meskipun harus mengambilnya dari balkon atau rooftop hotel.

Setelah mendapatkan posisi yang bagus dan aman, Barulah setting tripod di posisi yang nyaman untuk mengambil gambar. Lakukan tes beberapa saat untuk memastikan bahwa posisi yang kamu ambil sudah tepat sesuai dengan yang diharapkan.

3. Setting kamera secara manual
Untuk kamera handphone saat ini sudah cukup canggih dan memiliki pengaturan manual. Beberapa fotografer menyarankan untuk menggunakan settingan manual ketika memotret sunset. Settingannya tidak terlalu sulit. 

Misalnya untuk mendapatkan pencahayaan yang pas, gunakan ISO rendah dengan bukaan kecil antara f/8 sampai dengan f/16. Sedangkan shutter speednya bisa diset 1/15 detik sampai dengan 1/100 detik. Yang jelas untuk mendapatkan foto terbaik memang tidak bisa hanya sekali. Butuh latihan berkali-kali hingga hasilnya benar-benar pas sesuai dengan yang diharapkan. 

Jangan sungkan atau malu untuk mencari referensi dari beberapa fotografer ternama. Bahkan beberapa fotografer tak sungkan untuk membagikan ilmu dan teknik fotografi untuk menangkap sunset baik melalui blog mereka maupun akun sosial media mereka masing-masing.

4. Kenali lokasi lewat warga lokal
Salah satu cara agar tidak perlu waktu lama riset dan usaha yang lebih banyak, kamu bisa langsung bertanya pada warga lokal. Kamu bisa melakukan pendekatan dengan cara ngobrol di warung kopi dengan cara berbasa basi. Dengan cara demikian, kamu bisa mendapat beberapa informasi yang kamu butuhkan.

Warga lokal pasti lebih mengenal daerahnya sendiri. Bahkan biasanya mereka akan memberitahukan beberapa tempat rahasia tersembuyi yang tidak banyak diketahui oleh orang lain. Dengan cara pendekatan itulah beberapa traveler malah bisa mendapatkan tempat-tempat wisata eklusif dan anti mainstream.

Pendekatan warga lokal dengan cara ngopi bareng dan ngumpul bareng memang sudah menjadi budaya dan ciri khas dalam beradaptasi di lingkungan yang baru. Dengan cara itulah kamu bisa berkenalan dan menggali banyak informasi dari warga lokal selama traveling.

5. Sabar dan jangan kehilangan momen
Untuk mendapatkan foto-foto terbaik bukan hanya dibutuhkan peralatan yang mumpuni, teknik yang bagus tapi juga mental yang siap dalam segala kondisi. Butuh kesabaran ekstra untuk mendapatkan foto terbaik. Bahkan beberapa fotografer terkenal biasanya akan berkali kali datang ke tempat yang sama sampai mendapatkan foto yang diharapkan. Momen berharga itulah yang ingin dicari para fotografer.

Tak perlu cari hotel mahal di sekitar pantai Kuta, Bali. book hotel murah saja di Reservasi.com dan cari hotel yang menurut kamu memang cocok sebagai tempat persinggahan sementara sementara kamu bisa mencari tempat lain yang lebih bagus untuk memotret sunset terbaik selama traveling entah itu di Bali atau di daerah lainnya.

Tidak ada komentar:

Fashion

[Fashion][twocolumns]